Selasa, 30 Agustus 2016

DATA UMUM PERUSAHAAN - Struktur Organisasi Perusahaan

SISTEM PERAWATAN DAN SISTEM KERJA MESIN BOOK LINE 500 PLUS
DI CV. HARAPAN SEMARANG

BAB I
DATA UMUM PERUSAHAAN

Struktur Organisasi Perusahaan
       Perusahaan perlu menyusun suatu struktur organisasi yang baik agar di setiap bagian dalam perusahaan mengetahui tugas, wewenang, dan tanggung jawab mereka terhadap perusahaan itu sendiri. Karena tanpa didukung organisasi yang baik segala kegiatan perusahaan tidak akan berlangsung lama dan terarah. Kegiatan perusahaan yang berjalan tidak teratur dapat mengakibatkan tujuan yang diharapkan tidak tercapai.
        Adapun struktur organisasi pada CV. Harapan di semarang adalah berbentuk garis atau lini, merupakan bentuk organisasi yang paling praktis, karena hubungannya sederhana. Hubungan dari direktur ke bawah dan paling rendah, semua berjalan berurutan seperti garis makin kebawah jabatan, kekuasaan dan tanggung jawab makin rendah. Kekuasaan tertinggi dipegang oleh Direktur utama. Secara garis besar struktur organisasi CV. Harapan digambarkan pada gambar 1.2.
Keterangan gambar 1.2 :
1.  Garis  vertikal menunjukan adanya tingkat kekuasaan yang sama dalam perusahaan.
2. Garis horizontal  menunjukkan adanya tingkat kekuasaan yang semakin rendah atau menurun dalam perusahaan 

Struktur Organisasi CV. Harapan Semarang

Tugas dan tanggung jawab dari personil dalam organisasi dan struktur organisasi di perusahaan PT. CV. Harapan Semarang adalah sebagai berikut :
1.         Direktur Utama
Direktur Utama adalah pimpinan tertinggi yang bertanggung jawab penuh terhadap pengendalian peruasahaan dengan tugas sebagai berikut :
a.       Menyusun perencanaan dan anggaran pendapatan dan belanja perusahaan.
b.   Mengkorekso dan menerima penanggung jawab pekerjaan dari direktur percetakan.
2.         Direktur Percetakan
Direktur percetakan merupakan seorang pemimpin yang bertanggung jawab kepada Direktur Utama dan mempunyai tugas pokok yaitu melaksanakan kebijakan dewan komisaris dan Direktur Utama serta sebagai penanggung jawab secara keseluruhan dalam divisi percetakan. Sedangkan wewenang dari Direktur Percetakan antara lain adalah sebagai berikut :
a. Member penilaian terhadap prestasi kerja bawahan langsung, selanjutnya dilaporkan kepada Direktur Utama.
b.    Mengusulkan kepada Direktur Utama dalam hal kebijaksanaan penempatan atau pemindahan tugas atau pemberhentian karyawan setingkat kepala bagian dan setingkat seksi di divisi percetakan.
c.  Menentukan kebijakan dan pengesahan bukti dan laporan keuangan di divisi percetakan.
 3.         Staff Personilia
Staff Personilia merupakan seorang yang bertugas menerima serta menyeleksi para calon karyawan yang melamar pekerjaan di perusahaan. Sedangkan wewenang staff Personilia adalah memberhentikan karyawan dibawahnya.
4.         Staf Tata Usaha
Staf Tata Usaha yitu seorang yang bertanggung jawab atas masalah kearsipan perusahaan, tugas Staf Tata Usaha adalah sebagai berikut :
a.       Melaksanakan tuga-tugas lain yang diberikan oleh direktur percetakan.
b.      Melaksanakan urusan umum, pengelolaan karyawan, pengadaan perlengkapan.
5.         Kepala Bagian Produksi
Tugas pokok Kepala Bagian Produksi adalah melaksanakan kebijakan direktur percetakan dibidang produksi cetak. Kepala Bagian Produksi membawahi langsung Kepala Seksi Pracetak, Kepala Seksi Cetak, Kepala Seksi Jilid, dan Kepala Seksi Finishing.
6.         Kepala Bagian Pemasaran.
Kepala Bagian Pemasaran yitu seorang yang bertanggung jawab atas masalah yang berkaitan dengan bidang pemasaran dan kemajuan perusahaan.
7.         Kepala Bagian Keuangan
Kepala bagian keuanagn merupakan seorang yang bertugas mengurusi masalah keuangan perusahaan dan membuat rencana anggaran pendapatan perusahaan serta bertanggung jawab atas gaji para karyawan perusahaan.
8.         Kepala Bagian Teknik
Kepala Bagian Teknik adalah seorang yang bertugas menangani masalah-masalah yang berkaitan dengan bidang teknik. Adapun wewenang Kepala Bagian Teknik adalah sebagai berikut :
a.    Mengarahkan tugas-tugas seksi teknik agar kelancaran kerja mesin dan listrik selalu lancer.
b.  Menyampaikan usaha atau saran kepada Kepala Bagian Produksi dalam rangka pemeliharan, perbaikan, pergantian mesin atau peralatan untuk menjaga kelancaran produksi secara keseluruhan di CV. HARAPAN Semarang.
9.         Kepala Seksi Pra Cetak
Kepala Seksi Pra Cetak adalah seorang nyang bertugas melaksanakan kebijakan Direktur Percetakan dan Kepala Bagian Produksi di seksi pra cetak. Kepala Seksi Pra Cetak mempunyai wewenang yaitu mengarahkan para karyawan pelaksana untuk meningkatkan produktifitas, kualitas dan efisiensi biaya pra cetak serta memberi penilaian atas prestasi kerja para karyawan pelaksana. 
10.     Kepala Seksi Cetak
Kepala Seksi Cetak yaitu seorang yang bertugas melaksanakan kebijakan Direktur Percetakan atau Kepala Bagian Produksi di seksi cetak dan berwenang dalam mengarahkan para karyawan pelaksana untuk meningkatkan mutu atau kualitas produksi.
11.     Kepala Seksi Jilid
Kepala Seksi Jilid yaitu seorang yang bertugas melaksanakan kebijakan Direktur Percetakan atau Kepala Bagian Produksi di seksi jilid dan berwenang dalam memberi penilaian terhadap prestasi kerja para karyawan pelaksana di seksi jilid.
12.     Kepala Seksi Finishing
Kepala Seksi Finishing yaitu seorang yang bertugas melaksanakan kebijakan Direktur Percetakan atau Kepala Bagian Produksi di seksi finishing dan berwewenang dalam memberi penilaian terhadap prestasi kerja para karyawan pelaksana di seksi finishing.
13.     Kepala Seksi Mesin
Kepala Seksi Mesin yaitu seorang yang bertugas melaksanakan kebijakan Kepala Seksi Mesin dan berwenang dalam mengarahkan dan memberi pembinaan para karyawan pelaksana di seksi teknik mesin untuk menjaga kelancaran kerja mesin.
14.     Kepala Seksi Elektro
Kepala Seksi Elektro mempunyai tugas pokok yaitu melaksanakan kebijakan Kepala Bagaian Produksi atau Kepala Seksi Teknik di seksi teknik elektro dan berwenang dalam mengarahkan karyawan pelaksana di seksi teknik elektro.

Ketenagakerjaan
Tenaga kerja merupakan komponen penting dalam pelaksana kegiatan perusahaan. Untuk itu tenaga kerja sangat dibutuhkan untuk melaksanakan seluruh kegiatan perusahaan.
 Sampai sekarang CV. HARAPAN memiliki jumlah karyawan sekitar 30 orang. Dari ke-30 karyawan tersebut terbagi dari staff kantor, mandor, atau pengawas, operator dan karyawan biasa. Dengan jumlah jam kerja sehari selama 8 jam dari pukul 08.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB untuk hari senin sampai jum’at, sedangkan untuk hari sabtu jam kerja hanya selama 5 jam dari pukul 08.00 WIB sampai dengan pikul 13.00 WIB
System penggajian pun berbeda-beda antara staff kantor sampai pengawas dengan karyawan, apabila staff kantor dan pengawas penggajiannya dilakukan satu bulan sekali, sedangkan operator dan karyawan biasa penggajiannya dilakukan satu minggu sekali setiap hari sabtu.

Penyediaan Fasilitas Karyawan
Fasilitas yang dimiliki CV. HARAPAN diantaranya tersedianya mushola untuk sholat berjama’ah waktu istirahat, ruang ber AC untuk kantor staff dan bagian finishing, area gudang boat penyimpanan buku maupun tempat peletakan barang dengan kapasitas penampungan yang sangat besar, tetapi belim memiliki kantin untuk makan siang karyawan , apabila karyawan akan makan mereka membawa sendiri dari rumah atau beli dari luar area perusahaan tetapi tidak boleh diperkenakan keluar dari pabrik. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar